Tips Persiapan IELTS dengan Manajemen Waktu yang Tepat

Tips Persiapan IELTS

Tips Persiapan IELTS dengan Manajemen Waktu yang Tepat

titiknolenglish.com (Tips Persiapan IELTS dengan Manajemen Waktu yang Tepat) – sebagai negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari kita mungkin sedikit kewalahan dalam mempelajari bahasa Inggris secara kaffah. Sejauh ini kita mengenal sebuah tes bahasa Inggris yang telah berstandar internasional yang berfungsi untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang yang negaranya tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya. Nah untuk kamu TNers yang sedang mempersiapkan tes IELTS berikut adalah tips persiapan IELTS dengan manajemen waktu yang tepat! selengkapnya simak artikel satu ini ya TNers..

Memahami Format Tes IELTS

Sebelum mengerjakan tes IELTS kiranya penting untuk mengetahui tips persiapan IELTS mengenai bagaimana format tes IELTS akan berlangsung. Format di sini maksudnya yaitu bagaimana jalannya tes IELTS akan berlangsung. Apabila kamu mengetahui format tesnya kamu bisa lebih matang dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan pada tiap sesi tes nantinya berlangsung. Format tes IELTS berdasarkan kontennya terbagi ke dalam 4 sesi. Apa saja? sebagai berikut:

  • Mendengar – IELTS Listening test (30 menit)

  • Membaca – IELTS Reading test (60 menit)

  • Menulis – IELTS Writing test (60 menit)

  • Berbicara – IELTS Speaking test (11-14 menit)

Baca Juga: Daftar Universitas Terbaik di Jepang dan Info Beasiswanya

Disiplin Belajar

Tips persiapan IELTS setelah kita mengetahui apa saja sesi dan bagaimana format tes IELTS akan berlangsung, selanjutnya yang tak kalah penting agar tes IELTS-mu berjalan lancar dan sukses adalah fokus dan disiplin dalam belajar. Selain memperbanyak kosakata dan belajar aturan kalimat dalam bahasa Inggris belajar mengerjakan latihan soal merupakan cara paling efektif dalam mempersiapkan tes IELTS. Apabila kamu terbiasa mengerjakan latihan soal tes IELTS kamu jadi terbiasa dan akhirnya paham betul bagaimana cara manajemen waktu yang paling efektif dalam menyelesaikan tes IELTS. Maka yang tak kalah penting yaitu menentukan jadwal belajar berdasarkan skala prioritas mana yang paling belum kamu kuasai atau dari sesi yang paling kamu kuasai. Apabila kamu kesulitan dalam mempersiapkan IELTS test tidak ada salahnya mengambil kelas kursus persiapan IELTS. Dengan mengambil kelas persiapan tes IELTS kamu bisa lebih fokus dalam belajar tanpa perlu pusing mempersiapkan jadwal maupun segala hal yang dibutuhkan untuk belajar, seperti halnya modul dan materi.

Baca Juga: Penggunaan Cause dan Effect Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Latih Kemampuan Bahasa Inggris

Banyak orang yang terlalu fokus pada IELTS, hanya belajar menjawab soal dan latihan soal saja dan lupa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya padahal tips persiapan IELTS paling bagus ialah fasih dalam berbahasa Inggris. karena pada tes IELTS tidak hanya tes untuk mengerjakan soal, lebih lanjut kamu akan dihadapkan dengan examiner dan melakukan wawancara. Di sini apabila kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki tidak lues meskipun tes tulismu mempunyai nilai sempurna akan tetapi nilai wawancaramu kurang. Hal tersebut pastinya akan berdampak pada total penghitungan band score IELTS mu.

Selain itu tips persiapan IELTS lainya yaitu menyadari bahwa menguasai materi IELTS adalah sebuah proses. Umumnya, menaikkan band sebanyak satu poin membutuhkan 12 minggu. Kamu bisa mulai melakukan persiapan sedikitnya 3 – 6 bulan sebelum tes IELTS berlangsung. Jangan lupa, pilih institusi yang betul-betul akan membantu perkembangan bahasa Inggris dan strategi IELTS yang baik seperti Titik Nol English Course misalnya.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terlengkap

Kenali Beberapa Trik

Tips persiapan IELTS yang cukup efektif selanjutnya adalah mengenali trik-trik dalam menyelesaikan IELTS test dengan efektif. Sebagai gambaran umum Minol akan kasih kamu beberapa trik yang bisa kamu kembangkan:

Multitasking

kamu bisa melatih kemampuan multitasking untuk mempersiapkan tes IELTS sesi listening. dalam kurun waktu yang cukup singkat kurang lebih 30 menit kamu diharuskan untuk menyelesaikan 40 soal dari 4 audio rekaman dan parahnya lagi audio tersebut hanya akan di putar sekali. Untuk itu kamu harus fokus sembari mendengarkan audio juga memahami pertanyaan soal entah itu mencakup melengkapi kalimat, melengkapi kesimpulan, melengkapi bentuk dan pilihan ganda.

Ketrampilan Membaca

pada tes IELTS selain pertanyaan-pertanyanya tidak dapat di golongkan sulit kita juga harus berhadapan dengan waktu. Di sini kemampuan membaca untuk memahami inti, ide utama, detil, skimming, memahami argumen logis, dan memahami opini, sikap, dan tujuan penulis sangat penting untuk dikuasai. Peserta tes harus memberikan jawaban singkat, mencocokan informasi, melengkapi kalimat, mencocokkan judul atau melengkapi label diagram dan lain sebagainya.

Kenali Istilah Bahasa Inggris

pada tes IELTS juga terdapat sesi writing. Sesi ini merupakan tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Karena penulisan yang diminta untuk tes merupakan gaya penulisan bahasa Inggris secara formal. Untuk itu pastikan kosakata yang kamu miliki bisa menjelaskan keseluruhan topik yang harus dibahasa pada sesi writing.

Latih Tes Wawancara

tips persiapan IELTS pada sesi wawancara tes IELTS akan berlangsung kurang lebih 15 menit, dari 15 menit tersebut biasanya akan terbagi dalam tiga bagian. 5 menit pertama untuk perkenalan dan topik umum, 5 menit selanjutnya untuk mendiskusikan topik yang kamu pilih secara acak berdasarkan kartu tes dan 5 menit terakhir merupakan lanjutan dari 5 menit kedua akan tetapi lebih kompleks pada tahap ini, examiner akan memperhatikan pengucapan, aspek leksikal, dan kefasihanmu dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: Info Lengkap China Government Scholarship 2023

Evaluasi Rutin

Tips persiapan IELTS yang terakhir yaitu evaluasi rutin. Setelah kamu mempersiapkan dengan matang strategi untuk mempersiapkan IELTS selanjutnya langkah yang harus kamu lakukan adalah melakukan evaluasi rutin. Kamu bisa melakukan evaluasi setidaknya 1 kali dalam seminggu untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang kamu dapatkan dari seluruh proses yang kamu kerjakan. Di Titik Nol English juga menerapkan evaluasi rutin tiap hari Sabtu, di hari Sabtu akan ada simulasi tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui sejauh mana penguasaanmu pada tiap sesi tes IELTS.

Baca Juga: Tips Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa/Universitas Luar Negeri

Jadi itu tadi TNers! tips persiapan IELTS dengan manajemen waktu yang tepat yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum hari tes IELTS-mu tiba. Untuk kamu yang kesulitan belajar dalam mempersiapkan tes IELTS dan tidak memiliki teman atau mentor untuk belajar, bisa banget join di Titik Nol English Course. Jangan khawatir apabila kamu masih bingung harus mulai belajar dari mana, sudah kami persiapkan placement test gratis yang bisa kamu coba untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki dan di kelas mana yang harus kamu ambil agar kamu tidak kewalahan ataupun merasa materi yang diberikan terlalu mudah, dengan begitu kamu bisa belajar bahasa Inggris persiapan tes IELTS dengan efektif dan juga efisien. Jadi tunggu apa lagi persiapkan tes IELTS-mu di Titik Nol English Course dan susul para alumni dan tutor kamu di berbagai Universitas ternama luar negeri.

Testimoni Alumni


Rahma Anisa Fitrah Insani
(Penerima Beasiswa The Ignacy Lukasiewicz Scholarship Programme, Polandia)

“Titik Nol bukan sekedar tempat belajar Bahasa Inggris tapi tempat mendapat inspirasi, bahkan dari hari pertamanya Titik Nol bisa membuat saya merubah impian saya untuk juga berhasil mendapatkan beasiswa luar negeri. Belajar di Titik Nol sangat menyenangkan dan tidak kaku. Tutor-tutornya selalu membuat kami paham dengan caranya masing-masing. Ssoal-soal latihanya sangat lengkap dan banyak sehingga kami bisa belajar berbagai jenis soal agar benar-benar siap untuk real test. Pokoknya enjoyable banget! Thank you Titik Nol English Course!”

Raisa Hidayat
(LPDP Awardee, University College London, IELTS Score 6.5)

“Learning with Titik  Nol Family was amazing! Di sini mentornya intensif sekali almost 24/7. Sebulan penuh mengejar target IELTS sangat menyenangkan dan tanpa beban. I guess the most important thing that Titik Nol has is lingkungan belajar yang sangat bersahabat dan supportive. It boosts the spirit of learning so much! Thank you Titik Nol for such a great opportunity!”

Paket Kursus di Kampung Inggris

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing

  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced

  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

Rincian Materi

Daftar

TOEFL Preparation (ITP)

Persiapan tes TOEFL ITP untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Daftar

IELTS Preparation

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Rincian Materi

Daftar

Pilihan Kursus Bahasa Inggris Online

English Grammar

Belajar aturan tata bahasa Inggris, selain agar lebih pede berbicara & menulis dalam bahasa Inggris, juga agar apa yang ingin kita sampaikan mudah dipahami

  • Seminggu 3x kelas live via Google Meet
  • Fasilitas: Supervised Learning via Website e-Learning Titik Nol English Course

Rp 350.000 Rp 150.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 250.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

Jadwal: Senin, Rabu, Jumat pukul 18.30-20.00 WIB

Rincian Materi

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

Daftar

English Speaking

Melatih Speaking Skill dengan banyak praktik percakapan dalam berbagai tema sesuai level. Cocok untuk yang ingin pede dan speak fluently

  • Seminggu 3x kelas live via Google Meet
  • Fasilitas: Supervised Learning via Website e-Learning Titik Nol English Course

Rp 350.000 Rp 200.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 350.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

Jadwal: Senin, Rabu, Jumat pukul 20.10-21.10 WIB

Rincian Materi

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

Daftar


IELTS Prep

Tips & Trick mendapat skor IELTS tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes IELTS)

  • Masa belajar:
    7 November-15 Desember 2022 (6 Minggu)
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

Daftar


TOEFL Prep

Tips & Trick mendapat skor TOEFL tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes TOEFL)

  • Masa belajar:
    7 November-15 Desember 2022 (6 Minggu)
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 1.600.000
Rp 700.000

Daftar


IELTS Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar:
    7 November-15 Desember 2022 (6 Minggu)
  • Via Zoom
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes IELTS
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

Daftar


TOEFL Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar:
    7 November-15 Desember 2022 (6 Minggu)
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes TOEFL
  • Class Recording

Rincian Materi

Rp 1.600.000
Rp 700.000

Daftar

The post Tips Persiapan IELTS dengan Manajemen Waktu yang Tepat appeared first on Titik Nol English Course.