KemendikbudRistek Resmi Meluncurkan Aplikasi Sahabat GTK, Wajib Instal Untuk Semua Guru

KemendikbudRistek Resmi Meluncurkan Aplikasi Sahabat GTK, Wajib Instal Untuk Semua Guru

BlogPendidikan.net – KemendikbudRistek secara resmi mengumumkan kepada semua guru mengenai adanya aplikasi ‘Sahabat GTK’ yang dapat digunakan oleh semua guru dari setiap jenjang. Sebuah terobosan baru dari KemendikbudRistek untuk semua guru yang melakukan pengajaran di tiap daerahnya masing-masing.


Aplikasi ‘Sahabat GTK’ ini merupakan aplikasi yang berbentuk portal dari gtk.kemdikbud.go.id yang dibuat versi android.

Lebih lanjut aplikasi ‘Sahabat GTK’ ini dapat diunduh dan dinikmati manfaatnya untuk semua guru terkait informasi terkini dari Direktorat Jenderal Guru dan KemendikbudRistek. 

Baca Juga: Masa Jabatan Kepala Sekolah Sesuai Aturan Baru dan Syarat Menjadi Kepala Sekolah

Perlu diketahui peran aplikasi buatan Pemerintah tersebut, diperuntukkan agar semua guru tidak ketinggalan informasi yang secara resmi dari KemendikbudRistek.

Aplikasi yang baru dirilis pada bulan Juni tahun 2022 ini, menghadirkan banyak fitur yang dapat dirasakan manfaatnya oleh para guru. Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur beranda, trending, kategori, galeri, dan juga kontak.

Di mana pada tiap-tiap fitur memiliki fungsinya masing-masing yang dapat memudahkan guru dalam mencari informasi. Untuk fitur beranda terdapat pilihan untuk guru bisa membaca informasi mengenai ‘Merdeka Belajar’, majalah, video, dan komik.

Baca Juga: Contoh Format Prota, Promes, Pekan Efektif, Jam Efektif Belajar dan Cara Penyusunannya

Selain itu, untuk guru yang sekolahnya sudah termasuk menjadi sekolah penggerak, juga bisa mendapatkan informasi resmi mengenai sekolah penggerak. Di samping itu, untuk fitur ‘Trending’ terdapat berita-berita terkini mengenai dunia pendidikan di Indonesia.

Sementara untuk fitur ‘Kategori’ berisi akses guru untuk ke layanan GTK, publikasi, satker/UPT, layanan, direktorat, profil, dan berita.

Kemudian untuk fitur ‘Galeri’ diperuntukkan untuk guru dapat mengakses hasil-hasil kegiatan Pemerintah dalam menunjang pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: 9 Hal Mengapa Guru Itu Seharusnya Bahagia

Perlu diketahui dari adanya aplikasi ‘Sahabat GTK’, para guru juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai kurikulum merdeka serta IKM. Selain itu, juga terdapat sarana edukasi untuk sekolah penggerak serta guru berbagi yang dapat memberikan inspirasi bagi semua guru dalam mengajar anak bangsa.

Tentunya dari aplikasi ‘Sahabat GTK’ ini akan sangat memudahkan semua guru untuk mendapatkan sarana edukasi dan informasi untuk selalu meningkatkan pengetahuannya dalam menjadi tenaga pendidik.

Aplikasi Sahabat GTK Versi Android