Format Analisis Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Format Analisis Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

BlogPendidikan.net – Dalam proses pembelajaran tentunya memiliki satu tujuan pembelajaran dari masing-masing tema atau sub tema yang akan di ajarkan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan evaluasi pada setiap prosesnya dari hasil evaluasi itulah diketahui berhasil tidaknya proses pembelajaran dengan tujuan pembelajaran yang akan di capai.


Pencapaian peserta didik dalam proses pembelajaran ditentukan pada hasil evaluasi yang diberikan dan memperoleh hasil dengan melakukan penilaian dari masing-masing peserta didik atas evaluasi yang telah mereka kerjakan.

Baca Juga: Format Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Untuk Jenjang SD Lengkap

Dari penilaian tersebut dilakukan proses analisis penilaian dalam menentukan tingkat capaian peserta didik.

Tentang Penilaian/Asesmen.
Penilaian atau Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik.
Prinsip penilaian yang harus dilaksankan.
1 . Penilaian merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua, agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Baca Juga: Teknik Pengolahan Penilaian Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka

2 Penilaian dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
3 Penilaian dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar dan menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya.
4 Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai serta strategi tindak lanjutnya.
5 Hasil Penilaian digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Bagaimana Prosedur Penilaian di Lakukan?
Dengan mengikuti prosedur penilaian hasil belajar Peserta Didik meliputi:
  • Perumusan tujuan Penilaian
  • Pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian
  • Pelaksanaan Penilaian
  • Pengolahan hasil Penilaian
  • Pelaporan hasil Penilaian. (Pasal 3)

Baca Juga: Contoh Format Rubrik Penilaian Asesmen Unjuk Kerja Kurikulum Merdeka Jenjang SD

Apa saja bentuk penilaian di kurikulum merdeka?
Penilaian hasil belajar Peserta Didik terdiri atas:
  • Penilaian formatif
  • Penilaian sumatif.

Dalam menganalisis setiap proses penilaian dapat dilakukan dengan aplikasi atau format yang akan dibagikan pada artikel ini, sebagai bahan referensi dalam proses analisis penilaian kurikulum merdeka.

Format Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka >>> UNDUH

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.