Daftar Universitas Terbaik di Indonesia

Daftar-Universitas-Terbaik-di-Indonesia

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia

titiknolenglish.com (Daftar Universitas Terbaik di Indonesia) – Hai TNers! Mau kemana kamu setelah lulus sekolah? Mau langsung kerja atau mau melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah? Kedua pilihan tersebut mestinya perlu pertimbangan yang matang. Termasuk jika kamu mau melanjutkan untuk masuk ke perguruan tinggi juga perlu pertimbangan untuk diri kamu sendiri. Bagi TNers semua yang mau melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, sudah tau mau kuliah ke mana? Tenang, Minol punya informasi nih buat kamu, Minol punya info tentang daftar universitas terbaik di Indonesia, siapa tau salah satunya adalah universitas impian kamu. Tak perlu berlama-lama lansung saja simak infonya.

Baca Juga : 5 Beasiswa Luar Negeri dengan Syarat IPK Rendah

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1950, dengan kampus utama yang bertempat di Depok Jawa Barat. Universitas Indonesia merupakan Universitas terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Universitas Indonesia sudah menyelengarakan kegiatan pendidikan dalam waktu cukup lama, perjalanan yang panjang tersebut menjadikan Universitas Indonesia memiliki sistem pendidikan yang baik sehingga menjadi salah satu Indikator Kampus Terbaik. Selain itu Indikator lain yang menjadikan Universitas Indonesia menjadi kampus terbaik adalah reputasi akademik, kemudian reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah, fakultas internasional, dan jumlah mahasiswa internasional.

2. Institut Teknoloi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau disingkat ITB merupakan kampus teknik pertama yang didirikan di Indonesia, awalnya didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda dengan Technische Hoogeschool te Bandoeng, dan Ir. Soekarno merupakan lulusan dari kampus ini. Kampus berakreditasi A ini bertempat di Kota Bandung Jawa Barat, dan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan indikator reputasi akademik, penilaian pimpinan, kutipan dalam jurnal, jumlah akademisi dengan gelar doktor, serta jumlah mahasiswa per fakultas.

3. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI berlokasi di Kota Bandung Jawa Barat. Awal berdirinya, UPI merupakan kampus dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), lalu menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Kegururuan dan Ilmu Pendidikan UNPAD pada tahun 1958, setelah itu menjadi satu-satunya kampus pendidikan guru dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung, dan pada tahun 2014 menjadi perguruan tinggi negeri dengan nama Universitas Pendidikan Indonesia. UPI merupakan kampus pendidikan terbaik karena di UPI terdapat program studi pendidikan yang lengkap mulai dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi. UPI menjadi kampus terbaik berdasarkan penilaian THE World University Rankings 2022 dengan indikator pengajaran, penelitian dan transfer pengetahuan dalam bentuk sitasi, pendapatan dari industri, serta pandangan dunia internasional.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau UNAIR merupakan salah satu kampus yang berada di Surabaya Jawa Timur. UNAIR merupakan penyatuan dari dua lembaga yang didirikan oleh pemerintah colonial Belanda dengan nama Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) pada tahun 1913 dan 1918. Universitas Airlangga resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri berbadan hukum pada tahun 2006 dengan akreditasi A. Universitas Airlangga masuk dalam 5 besar kampus terbaik berdasarkan penilaian dari Berdasarkan QS world University Rankings dengan indikator reputasi akademik, kualitas lulusan, fakultas internasioanl, rasio mahasiswa fakultas, dan reputasi pegawai kampus.

5. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau UGM berdiri pada tahun 1949 di Yogyakarta. UGM merupakan Universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka. UMG termasuk dalam 3 kampus terbaik di Indonesia ITB dan UI. Berdasarkan penlian dari Quacquarelly Simons (QS) World University Ranking, UGM menduduki peringkat 231 dunia dengan penilaian berdasarkan indikator Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, Citations per Faculty, International Faculty Ratio, dan International Students Ratio. Selain itu, QS juga menilai Employment Outcomes dan International Research Network, dengan nilai tertinggi berada pada indikator Employe Reputation.

6. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau UNHAS merupakan universitas yang berdiri pada tahun 1956 di Makasar, Sulawesi Selatan. UNHAS mulai berstatus Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2022 dengan akreditasi A. Universitas Hasanuddin berhasil menembus World Class University versi Times Higher Education (THE) University Ranking 2022 berhasil memasuki peringkat posisi 2 nasional dan 79 besar dunia.

7. Institut Pertanian Bogor

Intitut Pertanian Bogor atau IPB, merupakan kampus pertanian yang berlokasi di Bogor Jawa Barat. Dulunya IPB merupakan fakultas pertanian yang menjadi bagian dari Universitas Indonesia dan diresmikan menjadi Intitut Pertanian Bogor pada tahun 1963. Ir Soekarno adalah orang yang meletakan batu pertama pada pembangunan Intitut Pertanian Bogor. QS World University Ranking menetapkan IPB sebagai Universitas dengan peringkat 41 dunia dan peringkat ke 6 di ASEAN berdasarkan subjek kampus agrikultur dan kehutanan.

Baca juga: Daftar Lengkap Tempat Tes IELTS

8. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret atau disingkat UNS merpupakan perguruan Tinggi yang berada di Kota Solo dengan akreditasi A. UNS didirikan pada 11 Maret 1976 dengan nama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret yang terdiri dari penggabungan beberapa Perguruan Tinggi yang berada di Surakarta seperti Institut Pelatihan dan Pendidikan Guru Surakarta, Sekolah Menengah Olahraga Surakarta, Akademi Administrasi Bisnis Surakarta, Universitas Gabungan Surakarta (universitas ini adalah gabungan dari beberapa universitas di Surakarta termasuk Universitas Islam Indonesia Surakarta) dan Fakultas Obat-obatan Departemen Pertahanan dan Keamanan Pengembangan Pendidikan Tinggi Nasional Surakarta. UNS menempati posisi ke 121 universitas terbaik dunia berdasarkan penilaian dari Times Higher Education berdasarkan indikator teaching, research, citations, industry income, dan international outlook.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau disingkat ITS terletak di Surabaya, berdiri pada tahun 1957 didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro. ITS masuk ke dalam peringkat 6 kampus terbaik di Indonesia dan peringkat 1201 dunia berdasarkan penilaian Times Higher Education yang bekerjasama dengan Quacquarelly Simons (QS) World University Ranking.

10. Telkom University

Telkom University atau Tel-U adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tel-U didirikan pada tahun 2013 yang merupakan penggabungan dari beberapa universitas seperti Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Tel-U menjadi universitas swasta terbaik menurut The Asia University Ranking 2022 berdasarkan indikator Teaching, Research, Citations, International outlook, dan Industry Income.

11. Binus University

Binus University atau Universitas Bina Nusantara adalah adalah salah satu universitas swasta Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara didirikan pada tahun 1996 yang sebelumnya merupakan sebuah lembaga pelatihan computer modern dan berkembang menjadi akademi teknik computer hingga menjadi universitas seperti sekarang. Binus University menempati posisi 451-500 dari seluruh dunia berdasarkan penilaian embaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds merilis QS World University Rankings. Di Indonesia, Binus University menempati posisi grup ke-4 dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang saat ini menyandang predikat 4 Star diantara 5 perguruan tinggi terpilih.

12. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau disingkat UB adalah perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 dan berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Pemberian nama brawijaya tersebut diberikan oleh Ir. Soekarno berdasarkan gelar raja-raja majapahit (Brawijaya). Universitas Brawijaya menduduki posisi berada pada ranking 401-600 dari 1406 perguruan tinggi seluruh dunia menurut Times Higher Education Impact Ranking 2022.

13. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau UNDIP adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Didirikan pada tahun 1957 sebagai Universitas Semarang, dan berubah nama menjadi Universitas Diponegoro pada tahun 1960, dengan mengambil nama salah satu pahlawan nasional yaitu Pangeran Diponegoro. UNDIP masuk dalam peringkat 1001 sebagai universitas terbaik dunia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Times Higher Education.

14. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau UNPAD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Sumedang, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1957 dan diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2014. Pemberian nama Universitas Padjajaran diambil dari nama kerajaan sunda yang masyur yaitu kerajaan Padjajaran. UNPAD berada pada peringkat Unpad berada pada peringkat 7 nasional dan berada pada posisi 801 – 1.000 dunia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh QS World University Rankings 2022 dengan indikator rasio mahasiswa asing, rasio internasionalisasi fakultas, rasio mahasiswa-dosen, reputasi akademik, sitasi fakultas, reputasi pegawai.

Baca juga: Daftar Lengkap Tempat Tes TOEFL Online

Itulah informasi mengenai daftar lengkap universitas terbaik di Indonesia, setiap universitas pasti memiliki keunggulan dan prestasinya masing-masing. Jika kamu ingin masuk di universitas impian kamu pastinya kamu harus memiliki usaha yang kuat, karena masuk universitas terbaik tidaklah mudah, begitu juga bertahan di dalamnya. Maka, tetap semangat dalam belajar. Oh iya, kamu bisa belajar bahasa Inggris di Titik Nol English Course. Titik Nol English Course menyediakan Program pembelajaran bahasa Inggris seperti General English, TOEFL dan IELTS Prepration, serta TOEFL dan IELTS skoring yang bisa kamu ikuti secara offline maupun online. Kamu juga akan mendapatkan fasilitas yang menarik juga loh, dan biayanya pun juga terjangkau. Ayo, segera daftarkan diri kamu di Titik Nol English Course

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing
  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced
  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

TOEFL

Persiapan tes TOEFL untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)
  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)
  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

IELTS

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)
  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)
  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

Mengapa mereka memilih Titik Nol English Course?

Kursus IELTS Murah

Mulai belajar sekarang.

Dan susul para alumni kami ke luar negeri.

Chat Admin Untuk Tanya Program

The post Daftar Universitas Terbaik di Indonesia appeared first on 0821-1200-6110 TN – Kursus TOEFL IELTS Terbaik di Indonesia.