Beasiswa GSEP Program S2 Energi di Dalam dan Luar Negeri

Ini salah satu program beasiswa S2 yang bisa dilamar untuk Anda yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa disediakan oleh Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP), sebuah organisasi non-profit yang peduli terhadap pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia.

Sasaran dari beasiswa GSEP adalah mahasiswa dari negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia, yang mengambil studi yang terkait dengan pengembangan energi berkelanjutan. Ada sekitar 12 kursi beasiswa disediakan setiap tahun, termasuk di 2023 dengan nilai masing-masing beasiswa sebesar $10.000 per tahun yang diberikan hingga maksimal dua tahun.

Yang menarik dari beasiswa S2 GSEP ini, selain studi yang bisa ditempuh di dalam atau luar negeri, kandidat yang melamar boleh mereka yang baru akan memulai studi S2, atau mereka yang saat ini sudah menjalani perkuliahan dan duduk di tahun kedua program S2.

 
Simak juga » Universitas Terbaik di Dunia Versi QS World University Rankings

Persyaratan:
1. Mengambil studi jenjang master yang berkaitan dengan pengembangan energi berkelanjutan, seperti energi nol-karbon, jaringan pintar, transportasi listrik, penyimpanan energi, teknologi listrik canggih, kebijakan publik, ekonomi, hukum, ilmu politik, maupun bidang-bidang lain yang relevan.
2. Pelamar yang memenuhi syarat harus mengikuti studi penuh waktu sekurangnya satu tahun sekolah penuh (dua atau tiga semester) pada pertengahan hingga akhir 2023.
3. Warganegara dari negara berkembang yang masuk daftar penerima bantuan DAC – OECD (salah satunya Indonesia)
4. Berkomitmen untuk kembali ke negara/daerah asal setelah studi untuk berkontribusi pada pembangunan
5. Mahasiswa berprestasi:
   – Lulus dengan nilai bagus di 20% teratas di kelas
   – Berkomitmen untuk pengembangan energi nol karbon
   – Punya pengalaman keterlibatan di masyarakat
   – Bertekad untuk memajukan pengetahuan dan pemahaman

Simak juga » Beasiswa Australia Awards 2023 Program S2, S3

Dokumen aplikasi:
1. Paspor (pada halaman foto) atau Akte Kelahiran
2. Curriculum vitae yang menjelaskan pendidikan Anda, pengalaman pekerjaan (jika ada), penghargaan, serta partisipasi di dalam kegiatan sukarelawan/atau ekstrakurikuler
3. Surat penerimaan (admission letter) dari program universitas pilihan Anda
   – Jika pendaftaran (beasiswa) untuk tahun kedua dari program dua tahun, harap sertakan juga bukti keterangan terdaftar serta salinan surat penerimaan resmi (dari kampus). Ini harus diunggah bersama dalam satu dokumen.
4. Garis besar perkuliahan dari program master yang akan Anda ambil (file PDF atau link)

5. Transkrip akademik
6. Dua surat referensi dari akademik, dosen atau profesor (Unduh) serta dari personal, seperti atasan, pengawas, mentor. Yang dapat mendiskusikan kualitas atau minat pribadi dari Anda, sehingga memenuhi syarat untuk menerima beasiswa.
 
FOLLOW INSTAGRAM » @beasiswapasca
Pendaftaran:
Permohonan beasiswa GSEP 2023 – 2024 dilakukan secara online. Buat akun terlebih dahulu di laman globalelectricity.org lalu lengkapi formulir aplikasi yang tersedia pada “Apply Now” dan unggah dokumen yang diminta. Untuk dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia, seperti transkrip akademik, lampirkan juga terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris (mencantumkan nama penerjemah).

Pendaftaran online beasiswa S2 dari GSEP ini dibuka hingga 7 April 2023 (pukul 5 sore). Semua pelamar akan menerima email konfirmasi setelah aplikasi mereka terkirim sepenuhnya. Setelah periode pendaftaran ditutup, Anda dapat memverifikasi status aplikasi melalui akun Anda.

Panel Akademik independen yang terdiri dari perwakilan dari lembaga akademis terkemuka akan meninjau aplikasi dan memilih pemenang. Pelamar yang lolos akan dihubungi secara langsung pada bulan Mei dan nama mereka akan dimuat di situs web GSEP. Selamat mencoba!