7 Jurusan Soshum yang Dikenal Santai

Jurusan Soshum yang dikenal santai boleh dibilang cukup banyak, apalagi jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan Saintek. Eitts, bukan bermaksud mendiskreditkan ya, Sobat Pintar. Namun memang secara umum orang cenderung memandang jurusan-jurusan Soshum itu jurusan yang tidak terlalu menguras otak. Tentu saja, kenyataannya tak selalu begitu. Namanya juga kuliah, belajar, enggak ada yang tak menguras otak, bukan?

Baca juga: 10 Jurusan Tersulit Tak Hanya Masuknya, Tapi Juga Lulusnya!

Namun baiklah, sekarang kita ikuti dahulu anggapan kebanyakan orang itu. Kita sepakat saja, ada beberapa jurusan yang mudah dipelajari – kalau bukan dibilang sebagai jurusan yang cocok untuk orang yang malas. Nah, jurusan-jurusan apa sajakah itu?

jurusan kuliah yang mudah
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

1. Psikologi

Ada saja orang yang menganggap Psikologi sebagai jurusan kuliah yang mudah. Sebagai bagian dari ilmu sosial, Psikologi dianggap memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Padahal, perkuliahan jurusan ini meliputi biologi, perkembangan mental, persepsi, emosi, motivasi, kepribadian, kognisi, hingga metode penelitian dan statistik – banyak, beragam, dan mencakup berbagai bidang ilmu.

jurusan kuliah paling mudah
Photo by Anastasia Nelen on Unsplash

2. Ilmu Komunikasi

Lagi-lagi, ilmu sosial yang dipelajari di sini membuat Ilmu Komunikasi berlabel sebagai salah satu jurusan kuliah paling mudah. Jurusan Soshum yang dikenal santai ini memuat kajian tentang teori komunikasi, sosiolinguistik, hingga psikologi komunikasi. Lulusan Ilmu Komunikasi biasanya dibutuhkan di bidang jurnalisme, public relations, maupun pemasaran. Tak heran bila Ilmu Komunikasi juga dikenal sebagai jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan lantaran peluang kerja yang ditawarkannya.

jurusan soshum yang dikenal santai
Photo by cottonbro studio on Pexels

3. Bahasa dan Sastra

Jurusan bahasa dan sastra meliputi Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Prancis, hingga jurusan kependidikannya. Sama seperti ilmu sosial, ilmu bahasa juga dianggap memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Oleh sebab itu, bahasa dan sastra biasa dikenal sebagai jurusan kuliah paling cepat lulus.

Anggapan itu tak sepenuhnya salah, Sobat, terutama bila kamu memang punya minat untuk belajar tentang struktur bahasa, penggunaannya dalam konteks sosial, perkembangan bahasa dari waktu ke waktu, hingga karya sastra. Sebaliknya, jika semua itu membuatmu bosan dan tidur di kelas, bahasa dan sastra enggak bakalan masuk kategori jurusan kuliah paling cepat lulus buat kamu.

jurusan kuliah paling cepat lulus
Photo by Pixabay on Pexels

4. Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah sering dianggap sebagai jurusan kuliah yang mudah pelajarannya. Ya, apa susahnya baca-baca sejarah doang?

Wah, enggak gitu juga, Sobat. Perkuliahan di jurusan kuliah anak Soshum atau Sosial dan Humaniora ini meliputi sejarah berbagai negara, zaman, dan budaya, hingga cara menganalisis dan menafsirkan dokumen, arsip, maupun benda-benda bersejarah yang lain. Tau ga sih, belajar tentang sejarah itu dapat membantu kita memahami perkembangan sosial, politik, dan budaya di dunia saat ini.

jurusan kuliah yang mudah pelajarannya
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

5. Sosiologi

Apakah jurusan Sosiologi santai? Jika dikategorikan sebagai ilmu sosial yang, sekali lagi, memiliki tingkat kesulitan rendah, maka jawabannya iya, Sosiologi bisa dikata merupakan salah satu jurusan kuliah yang santai. Namun sebenarnya anggapan ini tak sepenuhnya benar, Sobat Pintar.

Perkuliahan Sosiologi adalah tentang bagaimana individu dan kelompok-kelompok sosial saling mempengaruhi, serta bagaimana masyarakat terbentuk dan berubah. Lantaran fluiditas kajiannya, rasanya mahasiswa Sosiologi enggak bakal sepenuhnya sepakat bahwa ini adalah jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar.

jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

6. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Apakah Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi adalah jurusan soshum yang dikenal santai? Enggak juga, karena kamu harus aktif secara fisik, enggak bisa bersantai-santai. Jelas, ini bukan jurusan yang cocok untuk orang yang malas. Namun terlepas dari kegiatan perkuliahan yang penuh dengan olah raga, kuliah di jurusan ini dapat memberimu waktu yang memadai buat melakukan kegiatan-kegiatan lain yang kamu sukai, entah itu hobi atau bisnis.

jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar
Photo by Napat Noppadolpaisal on Unsplash

7. Seni

Yang termasuk jurusan seni antara lain Seni Murni, Seni Pedalangan, Seni Tari, Seni Pertunjukan, Seni Karawitan, Seni Teater, dan masih banyak lagi. Tak sedikit orang menganggap seni adalah jurusan kuliah paling mudah. Padahal, kebayang ga Sobat, apa jadinya kalau seorang engineer harus mendalang?

Seni adalah ekspresi atau kreasi yang menggunakan imajinasi dan kecakapan estetik. Mereka yang memilih kuliah seni biasanya adalah orang-orang yang memiliki bakat, minat, dan kemampuan di bidangnya. Dengan itu semua, tak heran bila seni menjadi jurusan kuliah yang mudah.

Baca juga: Perbedaan Minat dan Bakat dalam Memilih Jurusan

Nah, bagaimana dengan kamu sendiri, Sobat Pintar? Sudahkah kamu mengetahui bakat, minat, dan kemampuanmu? Kalau kamu masih belum yakin, segera saja ikuti Tes Penjurusan Kuliah. Tes gratis ini dapat membantumu menemukan jurusan kuliah yang mudah, dalam artian sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.