19 Usaha Sampingan Guru Yang Paling Direkomendasikan

19 Usaha Sampingan Guru Yang Paling Direkomendasikan

BlogPendidikan.net – Guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru merupakan orang yang paling berjasa bagi dunia pendidikan dan pengetahuan. Sehingga mereka sangat layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.


Menjadi guru bukan merupakan penghalang untuk menjalani usaha sampingan guna menambah penghasilan. Sebab, dengan adanya usaha sampingan guru ini akan sangat membantu seorang tenaga pendidik, apalagi bagi mereka yang statusnya masih honorer. 

Ada beberapa ide bisnis sampingan guru guna menambah pendapatan, hal ini juga penting untuk mengasah kemampuan lain di luar profesi mendidik siswa

Baca Juga: Keadaan Tersulit Yang Dihadapi Seorang Guru Dalam Menekuni Profesinya, Meski Gaji Tak Seberapa

Berikut ulasan usaha atau bisnis yang dirangkum dari berbagai sumber yang cocok sebagai ide usaha sampingan.

19 Usaha Sampingan Guru Yang Paling Direkomendasikan:

1. Usaha Bimbel atau Les Privat 

Guru tentu identik dengan kegiatan belajar dan mengajar, sehingga sangat tepat jika menekuni usaha sampingan yang masih berhubungan dengan dua kegiatan tersebut. Salah satunya adalah membuka usaha bimbel alias bimbingan belajar, sehingga bisa menawarkan jasa ini ke para murid yang butuh jam belajar tambahan.

Opsional lain adalah membuka jasa les privat, yang mengajar anak didik satu demi satu di luar jam sekolah. Lokasinya bisa di rumah guru itu sendiri atau di rumah siswa. Hasilnya lumayan, apalagi jika jumlah muridnya banyak maka tinggal panen pundi-pundi. Selain itu juga bisa membuka jasa les privat dan bimbel secara online.

2. Usaha Kuliner di Sekolah 

Bisnis kuliner juga cocok ditekuni dan menjadi salah satu rekomendasi  usaha sampingan guru yang sangat potensial. Dikatakan demikian karena yang namanya makanan dan minuman dijamin akan selalu dibutuhkan dan dicari. Seorang guru bisa menjalankan usaha sampingan ini di sekolah. 
Misalnya berjualan aneka jajanan baik itu diambil dari pedagang lain maupun dari buatan sendiri. Selain dijual sendiri di kelas dan ditawarkan kepada para guru, kuliner ini juga bisa dititipkan di kantin sekolah. Sehingga siapa saja bisa membelinya, setiap pulang mengajar bisa membawa pulang hasil penjualan.

3. Usaha Kuliner di Luar Sekolah 

Usaha kuliner tidak hanya bisa dijalankan di dalam lingkungan sekolah tempat guru mengajar. Namun juga bisa dikelola atau dipasarkan di luar lingkungan sekolah dan tentunya untuk pilihan menu semakin beragam. Jika dijual di lingkungan sekolah harus memperhatikan menu makanan dan jajanan yang pas dengan anak-anak sekolah.

Sebaliknya, kalau usaha sampingan ini ditekuni di luar sekolah maka target pasarnya lebih luas. Pilihannya pun banyak, pertama bisa membuka lapak atau warung di depan rumah. Kedua, bisa menjalankan usaha sampingan kuliner dengan menyewa tempat baik itu menjadi warung tenda maupun di sebuah bangunan restoran.

Bisnis kuliner juga tidak hanya sebatas mendirikan warung. Bisa juga menjalankan bisnis kuliner dengan modal dapur, misalnya saja bisnis katering. Sehingga bisa melayani kebutuhan konsumsi untuk pesta pernikahan, ulang tahun, termasuk acar study tour yang diadakan berbagai sekolah. 

4. Menjadi Penulis Buku 

Usaha sampingan guru yang menarik dan potensial selanjutnya adalah dengan menjadi penulis buku. Kenapa penulis buku? Menjadi penulis profesional juga merupakan usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Apalagi dunia mengajar juga identik dengan kegiatan belajar dan menulis.

Sebelum menulis buku dijamin diawali dulu dengan proses belajar, baik itu untuk buku ilmiah maupun non ilmiah. Sehingga semakin banyak yang dipelajari dan diketahui maka semakin banyak buku bermanfaat bisa dihasilkan. Jangan lupa, setiap naskah yang sudah diselesaikan perlu segera dikirim ke penerbit.

Sangat disayangkan jika hasil tulisan tidak dipublikasikan, jadi usahakan selalu diurus penerbitannya. Supaya setiap hasil penjualan buku bisa mendapat komisi. Selain itu berkesempatan mendapat royalti seiring dengan banyaknya buku yang berhasil terjual. Banyak guru dan dosen bahkan bisa menabung dan membeli aset dengan hasil menulis, sehingga perlu dicoba.

5. Menjadi Mitra Plus Penerbit Deepublish 

Usaha sampingan menarik lainnya adalah dengan menjadi Mitra Plus di penerbit deepublish. Penerbit Deepublish adalah salah satu penerbit terkemuka di Yogyakarta dan membuka kesempatan bagi para guru dan dosen menjadi Mitra Plus. Program Mitra Plus adalah program di mana para guru dan dosen bisa memperluas jaringan sekaligus menambah penghasilan. 

Baca Juga: 10 Keistimewaan Menjadi Guru SD Yang Membuat Anda Selalu Tersenyum Bahagia dan Awet Muda

Tugas para Mitra Plus ini adalah mengajak semua penulis yang dikenalnya untuk mengirimkan naskahnya ke Penerbit Deepublish. Setiap naskah yang berhasil dikirimkan akan diberi imbalan komisis menarik. Sedangkan untuk naskah yang dicetak, maka Mitra Plus berhak mendapatkan komisi tambahan. 

Jadi, bergabung di Mitra Plus Penerbit Deepublish adalah cara tepat untuk meningkatkan penghasilan di luar kegiatan mengajar. Apalagi seorang guru dijamin punya banyak kenalan penulis, baik itu di kalangan sesama guru maupun tetangga dan orangtua murid. 

6. Jualan Kerajinan Tangan

Punya keterampilan untuk membuat kerajinan tangan? Misalnya membuat kerajinan berupa rajutan dari benang, membuat bros, membuat tali masker dan konektor masker, membuat taplak meja, membuat pillow knot, membuat kurumie, dan lain sebagainya. 

Maka setiap kerajinan tangan yang dibuat di sela jam mengajar bisa dijual secara profesional. Pastikan dikemas secara profesional dengan menambahkan kemasan dan label atau logo meskipun ukurannya kecil. Selain dijual di orang terdekat juga bisa dijual online agar bisa mendapatkan pasar lebih luas. 

7. Usaha Pulsa dan PPOB

Usaha dengan peluang menarik lainnya adalah menekuni usaha jualan pulsa dan juga membuka loket PPOB. Jualan pulsa menjadi salah satu usaha sampingan yang banyak diminati oleh masyarakat. Sangat cocok untuk siapa saja, baik yang super sibuk maupun yang punya banyak waktu luang. 

Usaha ini juga cocok ditekuni oleh para guru, karena usaha jualan pulsa memiliki banyak sekali pelanggan. Sebab nyaris tidak ada orang yang tidak membutuhkan pulsa. Selain itu bisa dikembangkan menjadi loket PPOB yang membantu masyarakat sekitar membayar berbagai jenis tagihan. 

8. Usaha Berkebun 

Usaha berkebun dalam artian menjual hasil kebun juga termasuk usaha sampingan guru yang banyak direkomendasikan. Hasil kebun ini bisa berupa tanaman hias dan bisa juga berupa sayur mayur. Silahkan memilih jenis tanaman yang memang disukai dan dikuasai teknik berkebunnya. 

Tanaman hias bisa dipertimbangkan, karena potensinya besar apalagi jika dijual secara online dan mampu menyediakan tanaman berkualitas. Selain itu, produk berkebun seperti sayur mayur juga potensial. Selama kualitas bagus dan harga bersaing dijamin mudah mendapatkan banyak pembeli. 

9. Menjual Perlengkapan Anak Sekolah

Berjualan ATK atau alat tulis kantor dan perlengkapan anak sekolah lainnya juga bisa dipertimbangkan. Sebab bisa dipasarkan di lingkungan sekolah maupun kepada masyarakat sekitar. Pasalnya, yang namanya alat tulis termasuk perlengkapan sekolah seperti tas dan sepatu sekolah akan selalu dibutuhkan. Jadi potensinya sagat besar. 

10. Usaha Penyewaan Buku 

Masih berkaitan dengan buku, para guru juga bisa menekuni usaha sampingan penyewaan buku. Khususnya untuk para guru yang hobi membaca dan kemudian memiliki keinginan punya perpustakaan umum. Sehingga bisa menyewakan buku yang dimiliki kepada siapa saja. 

Nantinya bisa menyediakan buku pelajaran maupun buku-buku hiburan seperti novel remaja, novel roman, komik, dan lain sebagainya. Dijamin peminatnya banyak, khususnya di daerah yang akses ke perpustakaan cukup jauh. 

11. Jasa Pengetikan dan Printing

Masih banyak masyarakat yang belum memiliki komputer di rumah sehingga kebutuhan akan pengetikan dan print masih sangat tinggi. Selain itu, kesibukan yang dimiliki banyak orang membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Terutama jika kamu tinggal di sekitar kampus, sekolah dan instansi pemerintahan. 

Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh seorang guru yang ingin menambah penghasilan terutama bagi seorang guru Bahasa Inggris, tarif jasa pengetikan dalam Bahasa Inggris lebih mahal ketimbang bahasa Indonesia karena memang tidak semua orang bisa berbahasa inggris.

12. Usaha jasa Penerjemah

Usaha jasa penerjemah merupakan usaha sampingan yang cocok dijalankan oleh guru bidang bahasa baik bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Arab, dan bahasa lainnya. Usaha ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan kamu dapat memulai menawarkan jasa kepada mahasiswa ataupun guru lain yang berbeda jurusan denganmu.

13. Menjual produk secara online

Salah satu bisnis sampingan yang mulai diminati para pencari nafkah tambahan adalah menjual produk secara online atau lebih dikenal dengan istilah olshop. Guru banyak yang sudah melakukan aktivitas ini seperti menjual pakaian, sepatu, alat-alat olahraga, alat kosmetik, hijab, kain batik, makanan, dan sebagainya. Yang dibutuhkan hanyalah sosial media untuk mempromosikan produk-produk tersebut. Supaya terlihat profesional, kamu bisa membuka toko online sendiri baik di halaman facebook atau pun di toko-toko online lainnya.

14. Menulis di blog dan menghasilkan sesuatu dari sana

Bagi yang gemar menulis, ngeblog atau blogging adalah salah satu cara dalam mensalurkan hobby menulis tersebut. Bagi seorang guru, sangatlah banyak materi atau cerita yang bisa ditulis. 

Mulai dari pengalaman di sekolah, tutorial membuat perangkat mengajar, informasi seputar pendidikan, atau hal-hal lainnya yang menjadi kegemaran sang guru, namanya juga kaum intelektual yang punya banyak ide menulis. 

Dengan memanfaatkan blog gratis seperti blogger atau wordpress, sangat mungkin bagi seorang guru menjadikan kegiatan ngeblog sebagai ladang uang. Syaratnya adalah istiqamah dan konsisten dalam menulis. Banyak sekali artikel yang membahas cara menghasilkan uang lewat ngeblog di internet.

15. Menjadi Youtuber Profesional

Jika kamu membuka video di youtube dan terpampang iklan, itu artinya orang yang mengunggah video tersebut adalah youtuber profesional. Mengapa demikian? Karena video yang diupload bukan sekedar untuk bisa ditonton oleh para penonton, tapi juga untuk menghasilkan uang dari iklan tersebut. 

Baca Juga: Berpenampilan Bagi Guru Sangatlah Penting, Apalagi Disaat Mengajarkan Materi, Buatlah Siswa Tertarik

Sekarang banyak sekali youtuber yang sudah sukses, sampai dibuat film berjudul Youtubers yang mengisahkan tentang kehidupan para youtuber di Indonesia. Bagi kamu yang guru honorer juga bisa memulai bisnis online ini dengan mengupload video-video bertema pendidikan ataupun hobimu. Jangan khawatir jika kamu masih pemula, karena di youtube sangat mudah untuk diterima situs penyedia iklan.

16. Jadi penulis lepas

Cuma modal komputer atau laptop, kamu bisa menjadi penulis lepas. Cukup cari majalah atau website yang menerima tulisan dari luar dan mulailah menulis. Bererapa website yang menyediakan kesempatan bagi penulis lepas adalah Babe dan UC, tentu saja masih banyak lainnya. 

Jika kamu seorang guru honorer, peluang ini sangat bagus karena dalam website tersebut membebaskan untuk kita menulis tulisan sesuai kategori, termasuk pendidikan dan hobi.

17. Menjadi Mentor dan Pelatih 

Setiap hari, guru membimbing siswanya, maka layanan mentoring akan sangat cocok bagi Anda. Sebab, seorang guru sudah cukup mengetahui pendekatan, strategi, dan implementasi dalam hal pembinaan atau pendampingan. Misalnya, dalam urusan konseling atau pembimbingan akademik. 

Mengingat remaja di usia tersebut sedang mengeksplor banyak hal dan harus ada yang mengawasi. Atau Anda juga bisa melakukan mentoring terhadap seseorang yang ingin mengawali karir sebagai guru. 

Menurut Small Business Trend, jika Anda ahli dalam mencari dan melamar beasiswa, Anda dapat membagikan keahlian Anda dengan berkonsultasi dengan siswa yang mencari bantuan untuk membayar sekolah. 

Bahkan, guru dengan keilmuan khusus seperti guru olahraga, guru seni, atau guru musik bisa menjadi pelatih di luar sekolah juga. Bagi murid yang butuh kelas tambahan atau mereka yang ingin ikut kejuaraan dan acara tertentu, biasanya akan membutuhkan pelatih khusus yang profesional.

18. Menjadi Tutor 

Ketika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan yang dimiliki dengan menjadi pengajar les atau kursus privat. Anda bisa fokus mengajar untuk bidang-bidang tertentu saja atau seluruh mata pelajaran selama Anda menguasainya. 

Bukan hanya itu saja, Andapun bisa mulai mencobanya dari platform belajar online yang saat ini sudah banyak tersedia di Indonesia. Pekerjaan ini bisa dilakukan di luar jam kerja, seperti di sore atau malam sepulang jam sekolah, atau di akhir pekan saat sekolah sedang libur. Apalagi, usaha sampingan ini pun dapat dilakukan tanpa modal. 

19. Pembicara 

Guru dapat menjadi pembicara publik yang sangat baik karena mereka berbicara dan berinteraksi dengan kelompok besar orang dari segala usia setiap hari. Setiap pagi, guru memulai hari mereka di depan audiensi langsung. 

Menjadi pembicara publik dapat meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, networking, dan Anda dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain dengan pengetahuan Anda. 

Pilih topik yang Anda sukai, daftar ke acara pembicara, dan mulailah menghasilkan uang sambil membantu orang lain melalui kata-kata Anda. Menjadi pembicara publik membutuhkan waktu untuk membangun, tetapi Anda dapat melakukannya.

Demikian artikel tentang usaha atau bisnis yang cocok sebagai ide usaha untuk menambah penghasilan, sembari Anda melaksanakan tugas pokok sebagai pendidik.