12 Rekomendasi Jurusan SNBP 2023 buat Si Jago Matematika

Jurusan yang berhubungan dengan Matematika itu kira-kira apa saja, ya? Kamu sukanya matematika, tetapi masih belum yakin mau kuliah di jurusan apa? Nah, kalian yang pengin jadi “the next Jerome Polin,” di bawah ini ada beberapa jurusan kuliah sebagai rekomendasi pertimbangan buat mendaftar di SNBP 2023.

Baca juga: Strategi Milih Jurusan di SNBP

rekomendasi Jurusan SNBP untuk yang nilai matematikanya bagus
Photo by Pixabay on Pexels

1. Matematika

Tentu saja, rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai matematikanya bagus adalah Matematika. Eitts, jangan buru-buru “Ya iyalah,” Sobat. Tau ngga, kalau kamu masih bisa memilih lagi mau kuliah Matematika apa? Selain kuliah Matematika murni, kamu bisa memilih Pendidikan Matematika atau Tadris Matematika di SNBP 2023. Khusus untuk dua jurusan terakhir ini, mahasiswanya disiapkan untuk mengajar Matematika. Nah, kamu pilih Jurusan Matematika yang mana?

jurusan kuliah pintar matematika
Photo by cottonbro studio on Pexels

2. Statistika

Kalau kamu suka matematika dan masih bingung dengan pilihan jurusan di SNBP, Statistika bisa dipertimbangkan nih, Sobat. Di jurusan ini kamu bakal belajar tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Matematikanya di mana? Oh, banyak banget mata kuliah matematikanya, Sobat, seperti Teori Probabilitas dan Statistika Deskriptif, Metode statistik inferensial, Analisis Regresi dan Korelasi, Analisis Multivariat, bahkan ada Ekonometrika segala. Menarik ga, tuh?

jurusan yang berhubungan dengan matematika
Photo by Monstera on Pexels

3. Ilmu Ekonomi

Loh, apa hubungannya ekonomi sama matematika? Eiitts, kamu baru tau kalau mereka “saudara sepupu?” Ilmu Ekonomi itu jurusan yang berkaitan dengan matematika loh, Sobat. Memang, kuliah Ekonomi bakal membuatmu belajar tentang teori-teori ekonomi, tetapi ada banyak logika dan hitungan matematika yang dibutuhkan saat kamu belajar ekonomi. Udah gitu, pilihan jurusan kuliah Ekonomi itu cukup banyak. Selain Ilmu Ekonomi, kamu bisa memilih Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, atau Pendidikan Ekonomi bila kamu pengin menjadi guru.

jurusan untuk yang suka matematika
Photo by Yan Krukau on Pexels

4. Aktuaria

Aktuaria, Ilmu Aktuaria, ataupun Sains Aktuaria – ini dia, jurusan kuliah pintar matematika. Di jurusan ini kamu belajar cara mengaplikasikan teori matematika, statistika, dan ilmu ekonomi untuk mengevaluasi dan mengendalikan risiko yang terkait dengan produk keuangan seperti asuransi, investasi, dan pensiun. Semua itu bakal kamu pelajari melalui Matematika Terapan, Ekonometrika, Analisis Risiko, dan masih banyak lagi.

jurusan untuk yang suka matematika
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

5. Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah rekomendasi jurusan untuk yang suka matematika dan komputer. Kuliah di jurusan ini bakal membuatmu belajar tentang pengembangan dan penerapan teknologi informasi yang meliputi pemrograman, basis data, jaringan komputer, sistem operasi, analisis algoritma, keamanan informasi, machine learning, artificial intelligence, sistem berbasis web, maupun analisis data. Kalau kamu juga berminat belajar tentang bagaimana mengajarkannya di sekolah, maka pertimbangkan memilih Pendidikan Teknik Informatika atau Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

jurusan yang berkaitan dengan matematika
Photo by RODNAE Productions on Pexels

6. Sistem Informasi

Pernah nanya, penyuka mapel MTK bisa masuk jurusan apa saja? Dari sekian jawaban yang pernah kamu dapatkan, salah satu yang pasti enggak ketinggalan disebutkan adalah Sistem Informasi. Apa yang kamu pelajari di jurusan ini terbilang unik karena enggak cuma tentang teknologi informasi, tetapi juga bagaimana menggunakannya untuk mengatasi masalah bisnis dan organisasi. Yang dimaksud dengan organisasi dalam hal ini bisa berupa perusahaan, pemerintahan, atau sektor nonprofit. Untuk itu, kamu bakal belajar Pemodelan Sistem Informasi, Manajemen Basis Data, Pengembangan Aplikasi, Analisis Sistem, Perencanaan Sistem Informasi, Manajemen Proyek, dan lain-lain.

MTK bisa masuk jurusan apa saja
Photo by George Pak on Pexels

7. Ilmu Komputer

Jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta matematika memang enggak jauh-jauh dari komputer. Kerangka berpikir logis-matematis itu memang jodohnya sama jurusan-jurusan di bidang ilmu komputer. Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer itu harus belajar tentang arsitektur komputer, sistem operasi, pemrograman, jaringan komputer, artificial intelligence, kriptografi, machine learning, grafika komputer, pengolahan citra, sistem rekomendasi, analisis data dan lain sebagainya. Tersedia pula Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer loh, buat Sobat yang berminat menyiapkan diri untuk berprofesi sebagai guru komputer.

Pintar matematika bisa kerja apa
Photo by RODNAE Productions on Pexels

8. Akuntansi

Ilmu akuntansi memang diterapkan di bidang ekonomi. Namun untuk jurusan kuliahnya, Akuntansi sendiri direkomendasikan buat si jago matematika. Selain belajar tentang pencatatan, analisis, dan penyajian laporan keuangan, mahasiswa Akuntansi harus menguasai akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi manajemen, akuntansi audit, hingga akuntansi syariah. Semua itu angka, kan? Iya, angka yang juga kamu jumpai di matematika. Oh ya, kalau kamu mau belajar khusus akuntansi syariah, sekarang sudah ada jurusan kuliahnya sendiri, yaitu Akuntansi Syariah. Kalau bercita-cita menjadi guru akuntansi di sekolah, kamu bisa memilih Jurusan Pendidikan Akuntansi.

jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta matematika
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

9. Teknik Sipil

Emangnya Teknik Sipil itu jurusan yang berhubungan dengan matematika? Iya, ilmu teknik sipil itu berhubungan dengan logika matematika, Sobat Pintar. Desain Struktur, misalnya adalah salah satu mata kuliah yang membutuhkan kerangka berpikir logis matematis yang baik. Kuliah Teknik Sipil membuatmu belajar banyak tentang perencanaan, pembangunan, hingga pemeliharaan struktur fisik seperti jembatan, gedung, dan jalan.


Photo by Karolina Grabowska on Pexels

10. Teknik Penerbangan

Kamu sempat melirik Teknik  Penerbangan sebagai pilihan jurusan di SNBP ga, sih? Meskipun tidak terbilang sebagai jurusan favorit di SNBP, Teknik Penerbangan sebenarnya direkomendasikan sebagai jurusan untuk yang suka matematika. Kamu akan belajar tentang berbagai aspek penerbangan seperti desain, konstruksi, pemeliharaan, dan operasi pesawat. Dilihat dari mata kuliahnya saja, seperti Aerodinamika, Sistem Pesawat, Navigasi, Mesin Penerbangan, hingga Regulasi Aviasi dan Manajemen Operasi Penerbangan, kemampuan matematika dan logika yang baik sangat diperlukan di jurusan ini.


Photo by Alex Samuels on Unsplash

11. Manajemen Logistik

Manajemen logistik adalah jurusan kuliah yang mengkaji seputar cara-cara untuk mengatur, mengoordinasikan, dan mengoptimalkan aliran bahan, barang, dan informasi dalam suatu sistem bisnis. Meskipun di bidang manajemen dan bisnis, ini adalah jurusan untuk yang suka matematika, Sobat. Tau ga sih, mahasiswa Manajemen Logistik itu harus belajar tentang teknologi informasi yang digunakan terutama dalam pemantauan lokasi dan aliran barang, pemrosesan pesanan, maupun manajemen.

Masih nanya, kalian yang pintar matematika bisa kerja apa? Bidang manajemen logistik dan supply chain dikenal menawarkan prospek kerja yang baik. Industri retail, manufaktur, perdagangan, jasa, transportasi, hingga logistik memerlukan analis sistem, pengembang aplikasi, hingga manajer teknologi informasi yang berhubungan dengan sistem logistik.


Photo by Jeswin Thomas on Unsplash

12. Fisika

Biasanya kalau nilai MTK-mu bagus, nilai Fisikamu juga bagus. Makanya, Fisika juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai matematikanya bagus. Kalian yang jago matematika enggak bakal kesulitan mengikuti kuliah yang ngebahas tentang Mekanika, Termodinamika, Kimia Fisika, Fisika Atom, Fisika Nuklir, Fisika Partikel, Fisika Konduksi Panas, Fisika Optik, Fisika Astro, hingga aplikasi teori fisika dalam bidang teknologi. Kalau kamu bercita-cita mengajar Fisika, boleh juga memilih Jurusan Pendidikan Fisika.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Saintek Favorit Anak IPA di SNMPTN

Dari sekian rekomendasi di atas, sudahkah menemukan jurusan pilihanmu di SNBP 2023, Sobat Pintar? Jangan lupa gunakan juga hasil Tes Penjurusan Kuliah buat memantapkan pilihan terakhirmu biar enggak sampai salah jurusan, ya.